Penipuan Online yang Semakin Menggeliat

16 KeduaPenipu mau di mana-mana tetap sama saja. Sama-sama menjengkelkan dan merugikan. Jika dulu penipu sering datang ke rumah-rumah untuk menawarkan berbagai tawaran menggiurkan. Kini, para penipu tersebut sudah mulai merambah dunia digital, atau mudahnya profesi mereka berevolusi, dari penipu konvensional menjadi penipu online.

Penipu online ini pun tak main-main jumlahnya. Jika dulu seorang penipu konvensional hanya bisa mendapat korban yang terlalu banyak karena kendala ruang dan waktu. Kini, dengan dunia digital, mereka bisa mendapat mangsa lebih banyak. Jumlahnya bisa berkali-kali lipat. Hanya dengan memasang perangkap di situs-situs jual beli, mereka bisa mendapat sejumlah uang dari pengguna internet yang polos dan naif.

Biasanya para penipu online tersebut memasang iklan-iklan barang elektronik yang sedang menjadi tren dengan harga murah. Hal tersebut seringkali membuat banyak orang gelap mata. Lantas bagaimana cara memberantas para penipu online tersebut? Jawabannya klise, yakni penegakan hukum. Namun, melihat penegakan hukum di Indonesia, khususnya di ranah digital masih amat lemah, korban penipuan online jelas akan kesulitan.

Mau tak mau, para pengguna internet harus selektif dalam memilih situs belanja. Mereka mesti selektif memilih penjual dan peduli terhadap reputasi penjual. Beberapa situs belanja, seperti Bukalapak, memiliki sistem transaksi yang memungkinkan uang agar tetap aman sampai barang diterima oleh pembeli, dan mungkin bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin berbelanja online.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s