Mengapa Charger Handphone Cepat Rusak?

Charger Handphonelayaknya seperti komputer yang anda miliki, handphone Anda tentunya juga tak dapat selalu menyala sepanjang hari. Jika dayanya sudah habis, maka Anda perlu mengisi ulang dengan charger atau pengisi daya hingga penuh agar bisa digunakan kembali. Namun tak semua orang bisa merawat charger handphone dengan baik, sehingga alat tersebut cepat rusak dan terpaksa membeli charger baru. Sayangnya, harga charger original masih tergolong mahal untuk kebanyakan orang, sehingga pilihan jatuh pada charger murah yang justru dapat memperpendek umur batere handphone. Lalu apa saja penyebab charger handphone cepat rusak?

1. Port dalam kondisi kotor atau sudah berkarat, sehingga arus listrik tidak masuk dengan lancar.
2. Terdapat plat yang patah dalam kepala charger. Untuk mengetahuinya, gerak-gerakkan kepala charger apakah ada bunyi yang muncul atau tidak.
3. Kabel charger terkelupas atau terputus.
4. Saat disimpan, kabel charger tertekuk hingga menyebabkan patah.
5. Charger tidak segera dicabut dari soket setelah selesai digunakan. Pemasangan dan pemakaian charger terus-menerus akan merusak kinerjanya.
6. Batere yang digunakan tidak original, sehingga jumlah volt tegangan dan besaran Ampere tidak sesuai.
7. Charger digunakan di dekat sumber panas. Sama seperti piranti elektronik lainnya, komponen charger begitu rentan terhadap panas, apalagi kulit charger kebanyakan terbuat dari plastik.
Jadi, jika ingin memiliki handphone yang awet, jaga juga chargernya dengan baik ya!

Baca juga artikel saya yg lainnya di sini

Tinggalkan komentar